6 Cara Mengatasi Laptop Yang Baru Saja Tersiram Air

  1. Home
  2. Blog
  3. 6 Cara Mengatasi Laptop Yang Baru Saja Tersiram Air
BlogInformasi Teknologi

6 Cara Mengatasi Laptop Yang Baru Saja Tersiram Air | Warung Komputer. Tentu nikmat bila sedang mengerjakan tugas atau menyelesaikan pekerjaan kantor sambil ditemani minuman hangat atau dingin yang kita sukai, tapi ini cukup berisiko seandainya minuman tersebut tak sengaja tersenggol lalu menumpahi laptop.

6 Cara Mengatasi Laptop Yang Baru Saja Tersiram Air

6 Cara Mengatasi Laptop

Seandainya terjadi jangan buru-buru sedih ya, kamu masih bisa kok mengatasinya sendiri. Berikut enam cara yang harus segera kamu lakukan jika laptopmu tersiram air.

1. Mematikan atau memutus aliran listrik

6 Cara Mengatasi Laptop

Agar terhindar dari korsleting listrik karena komponen laptop terkena air, segeralah matikan atau putus aliran listrik laptop. Karena jika tidak, maka komponen laptop yang korslet tadi bisa terbakar dan merembet ke bagian lain menjadi lebih parah.

Jika keadaan masih memungkinkan, matikan laptop yang menggunakan daya baterai secara normal dengan mengklik shut down pada menu start, tapi jika keadaan mendesak lebih baik melepas langsung baterai sebelum air masuk lebih dalam lagi. Dan jika mengunakan aliran listrik langsung, maka cabutlah segera demi keamanan.

Posisikan laptop sesuai kebutuhan agar air menetes keluar, cabut juga perangkat lain seperti mouse, flash disk, dan lain-lain. Tunggu beberapa saat sampai kira-kira air tak lagi keluar.

2. Keringkan layar jika tersiram

6 Cara Mengatasi Laptop

Jika layar monitor terkena air, segera keringkan menggunakan lap, tisu, atau busa yang menyerap. Ini dilakukan dengan cepat sebelum air meresap melalui sela-sela layar.

3. Bongkar laptop sesuai petunjuk buku panduan

6 Cara Mengatasi Laptop

Untuk hal ini diperlukan kehati-hatian supaya badan casing laptop tidak rusak, apabila memang kesulitan membukanya, lebih baik bawa laptop ke tukang servis yang ahli dengan segera.

4. Keringkan komponen penting laptop

6 Cara Mengatasi Laptop

Setelah membuka badan casing laptop, cek keadaan hard disk, ram, dan komponen penting lain, dan ingat-ingat letak dan konstruksi laptop agar nanti tidak kesulitan dalam memasangnya kembali.

Apabila beberapa komponen tadi basah, keringkan dengan tisu, atau kapas sehingga air segera terserap dan komponen tadi dapat cepat mengering.

Untuk bagian keyboard perhatikan dengan jeli, jangan sampai masih ada bagian yang basah. Gunakan cotton bud untuk mengeringkannya bila perlu.

5. Pastikan kering dengan sirkulasi udara

6 Cara Mengatasi Laptop

Setelah mengeringkan semua komponen laptop yang basah dengan kain lap, kapas, atau busa, kini saatnya mengangin-anginkan dengan memanfaatkan sirkulasi udara.

Tak perlu menggunakan pengering rambut atau kipas angin, biarkan kering dengan sendirinya saja.

Bersabarlah, tunggu sekitar seharian, kalau perlu selama dua puluh empat jam sampai benar-benar kering.

Kemudian setelah kering, bersihkan kembali bagian yang perlu dibersihkan dan pastikan tidak ada yang masih basah. Lalu rakit kembali komponen laptop yang dilepas tadi sesuai dengan petunjuk buku panduan.

6. Hidupkan laptop dengan daya baterai

6 Cara Mengatasi Laptop

Setelah lima langkah tadi selesai kamu lakukan, kini waktunya menyalahkan laptop kesayanganmu dengan menggunakan daya baterai sebelum mengalirkan listrik secara langsung. Tapi jangan kaget jika baterai laptopmu mengalami penurunan, mungkin itu karena efek tersiram air tadi.

Semoga enam langkah tadi bermanfaat buat kamu para pengguna laptop ya. Lebih baik mencegah dan berhati-hati daripada laptop kamu tersiram

Sumber : idntimes

Warung Komputer menyediakan layanan Jasa Pembuatan Website, SEO, Digital Marketing dan Jasa Service Laptop/Komputer yang memiliki tenaga ahli professional dan berpengalaman.
blank

Warung Komputer | Your Trusted IT Partner
Telpon/WhatsApp : 0811-1014-930
Email : mail@warungkomputer.co.id
Website : warungkomputer.com

Artikel Terkait

blank
Monitor Komputer Untuk Gaming 2019
blank
Aplikasi Penerjemah Bahasa Yang Berguna Untuk Traveller

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Kategori Artikel

Archives

Menu