Mengatasi Download Tertunda di Google Play Store

  1. Home
  2. Tips
  3. Mengatasi Download Tertunda di Google Play Store

Mengatasi Download Tertunda di Google Play Store | WarungKomputer.com

Google Play Store merupakan sebuah layanan sebagai tempat untuk men-download dan install berbagai aplikasi dan game pada sistem operasi Android.

Dengan berbagai kemudahannya, bukan berarti aplikasi ini tidak memiliki masalah. Salah satunya adalah download tertunda yang kadang ditemui di Google Play Store.

Bingung bagaimana cara mengatasinya? Makanya simak artikel Jaka berikut.

Mengatasi Download Tertunda di Google Play Store

Sebenarnya, banyak faktor yang bisa memengaruhi masalah download tertunda di Google Play Store. Mulai dari koneksi internet yang tidak stabil, kapasitas memori internal yang hampir penuh atau aplikasi Google Play Store yang belum di-update.

1. Ubah Pengaturan Dow

nload dengan Koneksi WiFi

 

Terkadang masalah utama dari proses download yang tertunda pada Google Play Store disebabkan karena koneksi internet yang kurang memadai. Mulai dari sinyal data selular yang tidak terjangkau ataupun kualitas jaringan WiFi yang kurang.

Nah, untuk mengatasinya kamu bisa mencoba berbagai cara untuk beralih ke mode jaringan. Saat akan men-download tinggal hilangkan tanda cek dan tekan Proceed. Sayangnya cara ini akan menghabiskan kuota data untuk men-download dalam jumlah besar.

2. Bersihkan Cache atau Data Sampah Google Play Store

Kamu sering men-download aplikasi atau game pada Google Play Store? Nah, sebenarnya kebiasaan inilah yang kemungkinan menyebabkan kapasitas cache atau file sementara yang tersimpan menjadi penuh dan mempengaruhi kinerja loh.

 

Cache aplikasi Google Play Store sendiri dapat kamu hapus dengan mengikuti beberapa langkah mudah sebagai berikut:

  • Pergi ke menu Setting dan pilih My Apps untuk melihat semua aplikasi yang ada pada smartphone Android kamu.
  • Selanjutnya pergi ke aplikasi Google Play Store. Di sini kamu tinggal memilih Storage untuk mengikuti langkah selanjutnya.
  • Terakhir kamu bisa menghapus cache dan data dengan memilih pilihan Clear Data dan Clear Cache pada Google Play Store.

3. Update Versi Google Play Store Terbaru

Jika smartphone Android kamu masih menggunakan Google Play Store versi lama, lebih baik update ke versi terbaru untuk mempermudah penggunaannya. Selain itu dapat juga meminimalkan bug yang menyebabkan proses download menjadi tertunda loh.

 

Beberapa langkah yang dapat kamu lakukan adalah sebagai berikut:

  • Untuk melakukan update aplikasi Google Play Store sangat mudah. Pertama kamu buka Google Play Store dan akses menu dengan menekan ikon tiga garis pada pojok kiri atas.
  • Selanjutnya pergi ke menu Settings, lalu scroll down hingga menemui tab About.
  • Kamu bisa melihat versi aplikasi yang kamu miliki dengan Play Store version. Untuk memperbaruinya, tinggal ketuk beberapa kali sampai ada pilihan update.

4. Periksa Kapasitas Memori Internal Smartphone Android

Jika kamu memiliki smartphone Android dengan spesifikasi rendah, tentunya agak sulit untuk terus update ke aplikasi terbaru. Pasalnya, dengan kapasitas memori terbatas enggak akan sebanding dengan jumlah data yang semakin membengkak.

 

Kalau ada masalah download tertunda, kemungkinan memori internal kamu sudah terlalu penuh guys. Langkah yang dapat kamu lakukan adalah dengan melegakan ruang penyimpanan internal dengan mengikuti langkah berikut.

5. Re-Install Google Play Store dan Reset Android

 

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan install ulang pada aplikasi Google Play Store. Selain itu kamu juga bisa melakukan reset Android dengan resiko penyimpanan internal juga akan ter-reset saat melakukan proses ini.

Akhir Kata

Itulah cara mengatasi download tertunda di Google Play Store. Kamu pun bisa menggunakan langkah pertama hingga terakhir untuk mengatasinya. Punya pengalaman serupa seperti di atas? Jangan ragu buat share pada kolom komentar di bawah ya!

SUMBER
jalantikus.com

Menu