Cara Menghapus Recycle Bin di Windows 10

  1. Home
  2. Blog
  3. Cara Menghapus Recycle Bin di Windows 10

Cara Menghapus Recycle Bin di Windows 10

WarungKomputer.com-Windows 10 memiliki kemampuan dimana kamu dapat menghapus isi dari Recycle bin atau file temporary, hal ini tentunya dapat mengembalikan ruang pada partisi.

Apa Itu $Recycle.bin & apa fungsinya?
$RECYCLE.BIN sebenarnya bukan virus, $RECYCLE.BIN adalah direktori yang diciptakan oleh Windows untuk menampung sementara file-file yang kamu hapus di komputer.
Jadi sebenarnya kalo kamu menghapus (Delete) file di Windows, file tersebut tidak langsung dihapus tetapi ditempatkan dahulu di Recycle Bin (Tempat sampah). Tujuannya adalah untuk menjadi backup / cadangan jika sewaktu-waktu kamu salah hapus atau ternyata file yang kamu hapus dibutuhkan kembali.
Selama ini orang-orang salah menilai file atau folder $Recycle.bin, yang sebernya $Recycle.bin berfungsi untuk menampung sementara file-file yang dihapus dari komputer. Bagaimana cara menghilangkan folder $Recycle.bin supaya kapasitas harddisk kita tidak dimakan $Recycle.bin?, Solusinya sangatlah mudah Caranya adalah :
1. klik kanan pada [Recycle Bin] lalu pilih [Properties].
2. Pilih drive yang ingin kamu hilangkan folder $RECYCLE.BIN nya
3. Pada menu “Recycle Bin Properties” kemudian pilih tombol “[Don’t move files to the Recycle Bin. Remove files immediately when deleted.]
3. Ingat setelah kamu memilih ini terutama pada hardisk eksternal, file tidak akan tersimpan di recycle bin apabila kamu menghapus data/file dari hardisk eksternal kamu
Seperti yang dikutip dari vaksin.com, Jika virus memalsukan dirinya sebagai Recycle.bin ia akan memiliki ekstensi yang bisa dieksekusi seperti “recycler.exe” atau “recycler.inf” dan biasanya hal ini diikuti dengan adanya file “autorun.inf” di direktori root.
Seharusnya jika komputer kamu menggunakan program antivirus yang terupdate maka ia akan mampu memproteksi komputer dari serangan virus autorun yang memalsukan dirinya sebagai recycle bin.
Jadi dapat disimpulakn kalo $Recycle.bin itu bukan virus tetapi folder bawaan dari windows itu sendiri, dan perlu diwaspadai juga, kalo $Recycle.bin bisa jadi pintu utama masuknya virus “recycler.exe” atau “recycler.inf” selalu update antivirus kamu agar aman dari serangan virus

Dengan dirilisnya build Windows 10 yang terbaru (Build 17074), kamu dapat mengatur dalam kurun waktu berapa hari file Recycle bin dapat dihapus yang mana opsi ini dapat ditemui pada bagian Storage Sense.

Cara Menghapus Recycle Bin di Windows 10

  1. Buka Settings.
  2. Navigasi ke System – Storage.
  3. Pada panel kanan, klik opsi Change how we free up space automatically.

Dibawah opsi Temporary files, klik menu drop down pada opsi “Delete files in my recycle bin if they have been there for over“. Secara defaut diatur selama 30 hari, kamu dapat menggantinya dari 1 hari hingga 60 hari atau Never (tidak akan menghapusnya).

Done, kamu dapat menutup jendela Settings jika ingin.

Tentunya opsi ini dapat membantu kamu yang suka tidak menyadari bahwa banyak file yang telah menumpuk di Recycle bin dan lupa untuk menghapusnya.

SUMBER:
Winpoin.com

, , , ,
Previous Post
Cara Memasang Monitor Tambahan untuk Laptop
Next Post
Cara Mengubah Video Menjadi Komik di Android

Related Posts

Selected Grid Layout is not found. Check the element settings.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Artikel Terbaru

Kategori Artikel

Menu