Cara Mengatasi Sinyal HP yang Sering Hilang di Android

  1. Home
  2. Blog
  3. Cara Mengatasi Sinyal HP yang Sering Hilang di Android

Cara Mengatasi Sinyal HP yang Sering Hilang di Android

WarungKomuter.com-Sinyal boleh dibilang menjadi satu faktor paling penting dalam era digital seperti sekarang. Tanpa sinyal kita tidak bisa terkoneksi dan tidak bisa mengakses berbagai macam hal. Lalu bagaimana ketika tiba-tiba sinyal hilang begitu saja?

Tenang, kami punya solusi untuk mengatasi permasalahan ini. kami punya Cara Mengatasi Sinyal HP yang Sering Hilang di Android yang bisa kamu coba terapkan. Solusi ini bisa kamu terapkan di berbagai merk HP android.

Beberapa Penyebab Sinyal Hilang

Sinyal yang hilang bisa disebabkan oleh beberapa hal, guys. Seperti diantaranya :

  1. Posisi kita di luar cakupan area jaringan
  2. Faktor cuaca
  3. Perbaikan jaringan oleh operator
  4. Kerusakan pada hardware HP
  5. Ada aplikasi atau software yang bermasalah, dst.

Masalah-masalah itu bisa kita atasi guys dengan Cara Mengatasi Sinyal HP yang Sering Hilang di Android. Ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan.

Cara Mengatasi Sinyal HP yang Sering Hilang di Android

Ketika sinyal di HP kamu mendadak hilang maka kita harus mencari titik permasalahannya terlebih dahulu. Kemungkinannya ada dua SIM Card (provider) yang bermasalah atau smartphone itu sendiri.

Untuk mengecek apakah SIM Card yang bermasalah caranya mudah, lepas SIM Card dari HP kamu dan pasang di HP lain. Jika SIM card tetap tidak bekerja di HP lain dan tidak menunjukkan indikator sinyal itu berarti SIM card kamu yang bermasalah. HP kamu baik-bak saja dan kamu bisa mencoba menghubungi customer service provider kamu.

Sebaliknya jika SIM card masih bekerja dengan baik, bisa menerima SMS maupun telepon, itu artinya tidak ada masalah dengan SIM Card tersebut dan masalah ada di HP kamu. Untuk mengatasi permasalahan di HP kamu berikut beberapa caranya :

1. Restart HP

Sumber foto: Shutterstock

Ini bisa jadi cara paling mudah dan praktis untuk mengatasi permasalahan ini. Dengan melakukan restart ,HP akan memulai semua proses dari awal dan secara otomatis akan mencari jaringan baru. Restarting HP juga bisa mengatasi berbagai masalah yang muncul di smartphone kita lho.

2. Mode Pesawat

Sumber foto: Shutterstock

Cukup aktifkan Airplane Mode atau mode pesawat di HP kamu. Biarkan beberapa saat lalu non-aktifkan mode tersebut. Cara ini membuat HP mencari server jaringan baru yang lebih baik. Cara ini sudah banyak dilakukan dan terbukti efektif.

Ini Fungsi Lain Airplane Mode Yang Wajib Kamu Ketahui

Bukan hanya untuk keselamatan, Inilah fungsi lain dari Airplane Mode (Modus Penerbangan) di smartphone yang wajib kamu ketahui.
LIHAT ARTIKEL

3. Cek Pemasangan SIM Card

Sumber foto: Shutterstock

Kalau indikator sinyal tidak muncul juga, coba cek kembali apakah kamu sudah memasang SIM card di slotnya dengan baik. Pemasangan yang salah akan membuat SIM card tidak terdeteksi, alhasil sinyal juga tidak akan muncul.

4. Cari Jaringan Secara Manual

Sumber foto: Shutterstock

Untuk memilih jaringan secara manual caranya mudah kamu cukup masuk ke menu pengaturan jaringan. Caranya masuk ke Settings > Network & Connections > Mobile Network > pilih Operator > Select Automatically. Smartphone akan mencoba terkoneksi pada jaringan yang sudah terdeteksi.

5. Sinyal Radio yang Buruk

Sinyal yang hilang bisa saja disebabkan karena HP kita tidak memancarkan sinyal radio yang benar. untuk mengatasinya kamu harus memasukan kode seperti di gambar di dial pad. Setelah itu akan muncul tampilan menu, dan pilih Phone Information.

Setelah itu klik Run Ping Test dan scroll ke bawah dan pilih, LTE/GSM auto (PRL). Kemudian tap pada tombol Turn Off Radio. Ketika semua proses sudah selesai, restart HP kamu dan lihat perubahannya. Cek bagaimana kondisi jaringan kamu.

Akhir Kata

Nah itu dia 5 cara mengatasi sinyal hilang HP android yang bisa kami kasih ke kalian. Semoga bisa mengatasi permasalahan sinyal hilang yang kamu temui ya.

SUMBER:
jalantikus.com

Menu