Cara Membersihkan Flush Atau Cache DNS

  1. Home
  2. Blog
  3. Cara Membersihkan Flush Atau Cache DNS

Cara Membersihkan Flush Atau Cache DNS

WarungKomputer.com-Bagi kamu yang sudah familiar dengan internet, tentu pernah mendengar kata DNS. Jadi DNS (atau Domain Name System) memiliki fungsi untuk menerjemahkan nama suatu website menjadi IP address. Misalnya jika kamu mengetik WarungKomputer.com, maka DNS akan menerjemahkannya menjadi IP address dari alamat website WarungKomputer.com

Clear cache DNS, sebuah tambahan solusi Jika di device lain sudah bisa diakses, namun di komputer/device yang dipakai sekarang belum bisa, maka solusinya adalah clear cache DNS. Ada beberapa lapis cache DNS, yakni di komputer dan di browser. Ada baiknya kita melakukan clear cache pada keduanya supaya semuanya benar-benar bersih. Lagipula DNS record hanya beberapa bytes, jadi tidak akan masalah jika harus melakukan request ulang.

Windows sendiri memiliki Cache DNS, dimana Cache ini menyimpan data browsing pengguna, sehingga dapat mempercepat terbukanya sebuah website yang pernah dikunjungi sebelumnya.

Tetapi ada saatnya bagi kamu mungkin diharuskan untuk menghapus Cache DNS. Misalnya ketika alamat IP web telah berubah dan tidak sinkron terhadap alamat IP yang ada didalam Cache, sehingga website akan terbuka dalam waktu yang agak lama (hingga tidak terbuka sama sekali). Berikut kami akan memberikan langkah-langkahnya.

Baca juga artikel website Hostinger berikut yang membahas cara flush DNS

Cara Membersihkan Flush Atau Cache DNS

Cara untuk membersihkan Cache DNS sangatlah mudah, kamu hanya perlu mengetik perintah ipconfig /flushdns pada Windows Run (WinKey + R) atau Command Prompt.

Cara Membersihkan Flush Atau Cache DNS

Sebagai alternatif, kamu dapat mematikan service DNS Caching jika kamu tidak ingin sistem menyimpan data selama melakukan browsing ke DNS Cache. Caranya buka Task Manager, lalu navigasi ke tab Services dan cari service Dnscache. Jika sudah klik kanan lalu pilih Stopuntuk mematikan service.

Cara Membersihkan Flush Atau Cache DNS

Akhir kata:
Itulah Cara Membersihkan Flush Atau Cache DNS yang bisa kamu coba untuk membersihkan cache atau flush semoga artikel di atas bisa membantu kalian semua jika ada yang ingin di tanyakan silahkan komen di kolom komentar, dan jangan lupa untuk baca artikel lainnya di warung komputer

Sumber:

, , , , , ,
Previous Post
Cara Mengubah Ukuran Keyboard di Windows 10
Next Post
Cara Mudah Merawat Komputer Dengan Benar

Related Posts

Selected Grid Layout is not found. Check the element settings.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Artikel Terbaru

Kategori Artikel