Tutorial Menginstal Driver Secara Manual

  1. Home
  2. Blog
  3. Tutorial Menginstal Driver Secara Manual

Tutorial Menginstal Driver Secara Manual

WarungKomputer.com-Hampir disemua versi Windows, driver merupakan salah satu komponen yang sangat penting dan tanpa driver maka perangkat hardware tidak akan bisa sinkron dengan sistem operasi.

Dalam menginstal driver, biasanya kebanyakan orang bisa mendapatkannya secara langsung dari situs vendor ataupun melalui Windows Update, meskipun tidak semua driver disediakan oleh Windows Update. Maka dari itu mungkin kamu bisa untuk menghemat kuota.

Nah pada tutorial kali ini, kami akan memberikan kalian metode untuk menginstal driver secara manual. Cara ini bisa kamu gunakan untuk meminimalisir kesalahan pada penginstalan driver.

Tutorial Menginstal Driver Secara Manual

Pertama buka Device Manager, lalu pilihlah device yang ingin kamu update. Misalnya, disini saya akan mengupdate driver Camera bawaan laptop, klik kanan lalu pilih Update Drive Software.

Cara Menginstal Driver Secara Manual (2)

Kemudian akan diberikan pilihan dengan cara apa ingin mengupdate driver. Jika memilih opsi pertama maka kamu akan mendownload dan menginstal driver secara online, tetapi karena kita membahas cara menginstalnya secara manual, maka pilih opsi kedua yaitu Browse my computer for driver software.

Cara Menginstal Driver Secara Manual (3)

Selanjutnya kamu bisa mencarinya berdasarkan lokasi dari folder driver tersebut atau kamu bisa memilih opsi Let me pick a list of device drivers on my computer untuk mencari driver yang build-in dengan Windows dan sudah kompatibel dengan perangkat.

Cara Menginstal Driver Secara Manual (4)

Pada proses selanjutnya, pastikan opsi Show compatible devie sudah tercentang. Dengna begitu akan muncul pilihan driver yang build-in dengan Windows dan direkomendasikan, yang ditandai dengan digitaly signed, artinya driver tersebut original dan tidak menimbulkan masalah pada device. Jika sudah klik Next.

Cara Menginstal Driver Secara Manual (5)

Tunggu beberapa saat hingga proses instalasi driver selesai. Jika sudah maka kamu bisa menutup jendela wizard dan device manager.

Cara Menginstal Driver Secara Manual (6)

Jika ada pertanyaan seputar Windows ataupun mengalami masalah dengan Windows kamu, kamu bisa bertanya melalui Forum WinPoin. Posting pertanyaan kamu disana, dan kami akan berusaha untuk membantu kamu 😉

SUMBER:
winpoin.com

, , ,
Previous Post
Cara Aktivasi Windows 7 Permanen
Next Post
Jasa Servis Komputer Panggilan

Related Posts

Selected Grid Layout is not found. Check the element settings.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Artikel Terbaru

Kategori Artikel

Menu