Microsoft Garage Tak Hanya untuk Windows

0
27
Microsoft Garage Tak Hanya untuk Windows

Microsoft sudah begitu identik dengan sistem operasi Windows karena bisa dibilang Windows adalah produknya yang terpopuler. Memang Microsoft tidak mengembangkan sistem operasi saja, melainkan juga peranti lunak yang lain. Namun bisa dipastikan, peranti lunak tersebut akan berjalan di atas sistem operasi Windows. Relatif jarang Microsoft menyediakan peranti lunak untuk platform lain. Barangkali yang terkenal hanyalah Microsoft Office for Mac.

Belakangan ini, Microsoft mulai melebarkan sayap dengan menyediakan banyak layanan dan peranti lunak untuk berbagai platform. Dan yang sedikit mengejutkan, beberapa peranti lunak justru hanya tersedia di platform selain Windows. Proyek-proyek pembuatan aplikasi ini dikumpulkan dalam sebuah, wadah yang disebut Microsoft Garage. Wadah ini dinamakan Garage barangkali karena sifatnya yang memang mirip garasi. Microsoft mengizinkan karyawannya bereksperimen membuat aplikasi yang tidak memiliki hubungan dengan pekerjaan utama mereka di Microsoft.

Berikut akan kami bahas beberapa contoh produk Microsoft Garage, khususnya yang memberi manfaat cukup besar bagi pengguna sistem operasi selain Windows.

Next Lock Screen

Next Lock Screen merupakan sebuah lock screen untuk sistem operasi Android. Aplikasi ini bukan sekadar lock screen biasa karena bisa sekaligus berfungsi sebagai organizer. Bahkan, Next Lock Screen disebut-sebut sebagai salah satu aplikasi Android terbaik untuk kategori lock screen.

Salah satu fiturnya yang cukup disukai adalah dukungan untuk memiliki beberapa pengaturan yang berbeda. Secara umum, Next Lock Screen memiliki tiga pengaturan, yaitu untuk di rumah, untuk di kantor, dan saat bepergian. Setiap pengaturan bisa diatur agar memiliki latar belakang dan set ikon yang berbeda.

Pengguna bisa mengatur agar ikon berbagai aplikasi produktif berada di lock screen saat di kantor, dan berubah menjadi aneka ikon aplikasi santai saat di rumah. Ketika bepergian, barangkali ikon aplikasi peta dan travelling yang akan menghiasi lock screen. Bahkar passcode (baik PIN maupun pola) untuk membuka lock screen juga bisa dibuat berbeda untuk setiap pengaturan.

Microsoft Garage Tak Hanya untuk Windows

Next Lock Screen turut dirancan untuk mengurangi jumlah unlock layar yang dibutuhkan oleh pengguna. Dengan Next Lock Screepada lock screen bisa ditampilkan berbagai hal penting yang dibutuhkan pengguna. Pengguna tidak perlu lagi melakukan unlock untuk berbagai hal itu.

Personal Shopping Assistant

Personal Shopping Assistant merupakan sebuah ekstensi yang dapat disematkan pada peramban Chrome dan Opera. Meskipun Chrome dan Opera dapat berjalan di atas sistem operasi Windows, bagaimanapun aplikasi Personal Shopping Assistant tetaplah bukan aplikasi yang secara “alami” berjalan di atas Windows.

Microsoft Garage Tak Hanya untuk Windows

Personal Shopping Assistant akan membantu penggunanya mengingat dan mengorganisir barang-barang yang pernah dikunjungi pada berbagai toko online. Fitur penting yang dimilikinya adalah kemampuan untuk membandingkan barang yang hendak dibeli pada berbagai toko online yang berbeda. Jadi, pengguna bisa dengan mudah memutuskan hendak membeli pada toko online yang mana. Personal Shopping Assistant juga akan memberikan notifikasi apabila terdapat perubahan harga pada barang yang diincar.

Thinga.Me

Thinga.Me merupakan aplikasi yang digunakan untuk menata benda-benda koleksi dalam sebuah rak atau showcase. Tentu saja benda-benda yang ditata tersebut bukan benda sebenarnya melainkan fotonya saja.

Microsoft Garage Tak Hanya untuk Windows

Thinga.Me memiliki kemampuan untuk memisahkan foto suatu benda dari latar belakangnya dan menampilkannya dalam bentuk seperti stiker. Stiker inilah yang nantinya bisa ditata pada rak yang tersedia di dalam aplikasi Thinga.Me. Dengan demikian, pengguna seolah-olah benar-benar menata barang koleksi yang sebenarnya. Bagi seorang kolektor hal itu memberikan sensasi tersendiri. Thinga.Me sendiri hanya tersedia untuk iOS.

Fetch

Anjing merupakan salah satu hewan peliharaan favorit banyak orang. Anjing memiliki begitu banyak ras sehingga kadang pemiliknya sendiri bingung, anjing peliharaannya tersebut tergolong ke dalam ras apa. Apalagi jika anjing tersebut merupakan hasil perkawinan silang.

Aplikasi Fetch akan membantu pengguna mengenali jenis anjingnya melalui sebuah foto. Pengguna bisa melihat koleksi foto yang telah ada di dalam aplikasi untuk dibandingkan dengan anjing peliharaannya, maupun memotret anjing peliharaan itu dan membiarkan aplikasi Fetch melakukan analisis untuk menentukan rasnya.

Microsoft Garage Tak Hanya untuk Windows

Di dalam aplikasi Fetch telah terdapat database sekitar seratus ras murni anjing yang populer. Dengan algoritma kecerdasan buatan (artificial intelligence), Fetch akan berusaha untuk mengenali anjing yang dihasilkan dari perkawinan antar-ras.

Jika Fetch tidak tepat dalam mengenali anjing bersangkutan, khususnya anjing hasil perkawinan silang, pengguna bisa membantu pengembangnya untuk menyempurnakan algoritma Fetch dengan mengisi formulir umpan balik. Aplikasi ini hanya tersedia untuk iOS.

Invite

Untuk yang sering mengalami kesulitan menentukan jadwal rapat dengan tim, kini tak perlu bimbang lagi berhubung ada aplikasi Invite. Aplikasi yang hanya tersedia untuk iOS ini akan menyelaraskan jadwal senggang pengguna dengan jadwal teman atau kolega sehingga ditemukan waktu yang cocok untuk berkumpul.

Microsoft Garage Tak Hanya untuk Windows

Invite sangat menghargai privacy sehingga setiap orang yang akan terlibat dalam pertemuan tersebut tidak perlu menyerahkan seluruh agendanya. Cukup dengan menyatakan waktu senggang yang akan dialokasikan untuk mengadakan pertemuan. Invite akan melakukan analisis dan menentukan waktu yang paling tepat untuk mengadakan pertemuan.

Mimicker Alarm

Banyak orang yang memanfaatkan smartphone mereka sebagai alarm. Namun kebanyakan aplikasi alarm yang tersedia terlalu mudah untuk dimatikan sehingga seringkali usaha untuk bangun dengan bantuan alarm menjadi sia-sia. Hanya dengan memencet tombol tertentu pada smartphone atau menggeser layar, alarm akan mati.

Aplikasi Mimicker Alarm ini barangkali bisa dicoba untuk menggantikan aplikasi alarm yang terlalu mudah dimatikan. Mimicker Alarm akan meminta pengguna melakukan tugas tertentu sebelum alarm bisa dimatikan, misalnya melakukan selpe, meneriakkan kata-kata tertentu, atau melakukan gerakan tertentu.

Microsoft Garage Tak Hanya untuk Windows

Jika tidak berhasil melakukan tugas yang diberikan, Mimicker Alarm akan menganggap pengguna tertidur lagi sehingga alarm akan berbunyi kembali. Aplikasi Mimicker Alarm hanya tersedia pada Android.

Sumber :

Info Komputer Oktober 2016

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here