Pentingnya Network Security Monitoring di Perusahaan / Institusi Bagian 2

0
115
Pentingnya Network Security Monitoring di Perusahaan/ Institusi Bagian 2

Di edisi lalu penulis Infokomputer membahas mengenai network monitoring. Di dalam network monitoring system juga akan diproduksi berbagai macam notifikasi seperti status request failure, connection cannot established, times-out atau document/ messages tidak dapat di-load/retrieve.

Biasanya ukuran dari network monitoring adalah response time, availability dan uptime, begitu juga dengan concistency dan reliability akan diukur juga metriknya untuk melihat berapa gain dari network monitoring tersebut. Fungsi dari network monitoring cukup banyak. Karena itu, penulis akan menyederhanakannya menjadi beberapa fungsi yang penting dan sangat diperlukan oleh departemen teknologi informasi khususnya bagian jaringan komputer. Di edisi lalu, penulis sudah membahas empat di antaranya, maka kali ini penulis melanjutkan sisanya, yakni:

  1. Pencapaian SLA dan documenting performance dengan berbagai Laporan yang baik.

Manfaat ini digunakan untuk mendongkrak kesehatan jaringan komputer di perusahaan/institusi. Dengan memanfaatkan aset dan resources optimal, kepatuhan, serta ketersediaan, organisasi dalam posisi yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan SLA bagi pelanggannya.

Hal yang paling sulit adalah pemenuhan SLA dan documenting performance. Mengapa? Pasalnya departemen jaringan komputer penuh dengan hal-hal teknis, sehingga tidak terlalu memikirkan dokumentasi. Bagi departemen jaringan komputer, indikator yang paling penting adalah koneksi dan interkoneksi jaringan komputer di dalam perusahaan, tidak boleh up and down bahkan shutdown.

Hal ini sangat berbeda dengan perusahaan yang melayani pelanggannya, tidak cukup dengan bekal koneksi dan interkoneksi saja, tetapi sejauh mana SLA atau service level agreement telah dicapai. Bila SLA jelek, perusahaan ini tidak dapat melakukan penjualan kepada perusahaan lain atau akan dijauhi oleh para pelanggannya.

Network performance dapat diukur dengan SLA dan beberapa tool lain. Dengan SLA dan network performance, dapat dilihat sejauh mana kesehatan jaringan komputer di setiap perusahaan/institusi.Menjaga bisnis perusahaan tidak terganggu.

       6.  Menjaga bisnis perusahaan tidak terganggu

Network monitoring akan membantu bisnis perusahaan agar tidak terganggu. Perusahaan yang berbisnis online dan offline sama-sama membutuhkan performa jaringan komputer yang tinggi. Tidak ada satu pun perusahaan yang berbasis Tl yang tidak menggunakan jaringan komputer. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa jaringan komputer adalah saraf/otot tubuh untuk mengalirkan darah ke semua aspek.

Apa saja yang perlu dilakukan? Secara proaktif, lakukan deteksi, pemecahan masalah, dan penyelesaian masalah di dalam perusahaan agar bisnis tidak mengalami gangguan. Juga pastikan agar kualitas layanan dan alokasi bandwidth diberi secara tepat untuk kepentingan lalu lintas bisnis. Lakukan juga perencanaan/pemeliharaan yang terukur sehingga dapat meminimalkan dampak gangguan bisnis yang mungkin terjadi.

Bisnis perusahaan baik secara online maupun offline sangat bergantung kepada jaringan komputer. Tujuannya, membantu melakukan transaksi secara realtime processing dan batch time processing. Contoh: jaringan mesin ATM di bank di seluruh Indonesia di 33 provinsi harus dapat termonitor dengan baik. Untuk satu bank saja, network monitoring dan control room akan memonitor lebih dari satu juta mesin ATM yang tersebar. Mesin ATM yang sedang offline, ATM mana yang tidak ada uangnya, ATM mana yang sedang rusak, menbutuhkan sistem peringatan dan notifikasi yang cepat dan akurat. Tujuannya agar mesin-mesin ATM tersebut tidak mengalami gangguan. Pasalnya, satu mesin ATM yang sedang off akan merugikan bank tersebut lebih kurang satu miliar rupiah setiap harinya. Bila jaringan komputer terganggu, ini akan mengganggu juga jalannya bisnis perusahaan.

  1. Memastikan deployment aplikasi secara cepat dan penerapan teknologi baru secara lebih baik.

Network monitoring akan membantu deployment aplikasi secara cepat dan penerapan teknologi baru secara lebih baik. Mengapa? Teknologi dan aplikasi baru akan memberikan layanan baru dan berdampak besar pada bisnis perusahaan.

Network monitoring dengan teknologi baru akan membantu memantau dan mengelola lingkungan bisnis yang sedang berjalan. Sebagai contoh adalah penerapan teknologi baru virtual computing akan sangat membantu perusahaan melakukan penghematan besar-besaran dalam aplikasi dan hardware yang digunakan.

Tidak perlu menggunakan investasi yang besar dan energi yang berlebihan dengan teknologi virtualisasi. Network monitoring akan mengawasi seluruh peralatan jaringan komputer, aplikasi, lingkungan bisnis dengan cermat dan ter-update. Kegagalan dalam network akan termonitor dengan baik dan cepat, sistem akan mengirimkan alert dan notifikasi kepada para engineer dan user pemantau, sehingga kegagalan dapat diminimalkan secepat mungkin.

Tugas berikut akan membantu dalam penerapan teknologi yang baru seperti: jaringan komputer perusahaan sudah siap untuk peluncuran layanan yang baru, mendeteksi masalah kinerja dan memitigasi risiko yang terkait bila ada perubahan besar dalam sistem, membuktikan dengan pra dan pasca pengukuran metrik kinerja untuk memastikan keberhasilan dalam melakukan deployment.

Tool yang dapat digunakan untuk kinerja network monitoring cukup banyak beredar di internet, ada yang berbayar ada open application, sehingga diperlukan kecermatan untuk memilih tool yang canggih tersebut (silakan lihat di https://www.techmaish.com/top-10-network-monitoring-tools/).

Berikut ini adalah sepuluh tool yang sering digunakan oleh administrator jaringan komputer perusahaan untuk melakukan pekerjaan network monitoring.

1. Ganglia. Ini merupakan tool monitoring untuk menampilkan sistem secara keseluruhan dari sebuah mesin. Kelebihan dari sistem ini adalah mampu melakukan monitoring server cíuster dengan kebutuhan monitoring dan network management. Kelebihan utama sistem ini adalah menyediakan analisis bagaimana sistem mesin/komputer dapat bekerja bersama-sama. Ganglia Network Monitoring Ac: install di Ubuntu.

Pentingnya Network Security Monitoring di Perusahaan/ Institusi Bagian 2

2. Webmetrics global watch. Kelebihan utama tool ini yaitu dapat melakukan diagnosis downtime, error serta    memiliki banyak fitur lain. Tool ini juga menyediakan laporan yang lengkap untuk melihat performa jaringan, serta melakukan validasi dan analitis dari PC system yang tersambung ke jaringan.

3. Jacarta Tool ini merupakan network management untuk sejumlah PC system user. Tool ini dapat mengalisis temperature dengan baik, humidity, water/moisture level dan sejumlah fitur-fitur lain tentang informasi dari sistem PC. Tool ini juga dapat menganalisis kerentanan (vulnerability) dari sistem PC secara akurat.

4. Dot com Tool ini menyediakan monitoring yang penting dan detail untuk sistem komputer terutama uptime pada server

dan performance metric. Tool ini juga menyediakan overview secara ringkas untuk pembuatan analisis laporan, notifikasi dan eskalasi, stress test, melakukan generate analisis error, dan memberi notifikasi ke para engineer.

5. Zenoss Tool ini bisa dipakai untuk melakukan monitoring commercial server. Tool ini cukup baik dan lengkap untuk sejumlah fitur laporan analytics. Aplikasi dikembangkan dengan coding Phyton. Tool ini cukup sederhana dan mudah digunakan dalam interfacing. Selain itu, tool ini mampu memberikan kontrol dan analisis yang tepat dari infrastruktur Tl yang sedang dipantau.

6. Applications manajer. Tool ini menyediakan berbagai macam utilitas untuk server maintenance dan management yang memungkinkan dilakukannya klarifikasi masalah dan solusi yang akan digunakan. Tool ini memiliki fitur untuk menampilkan server load, utilitas memori, penggunaan disk dan layanan yang serupa dalam manajemen infrastruktur Tl. Tool ini sangat penting bagi administrator untuk menyelesaikan dan membersihkan bottleneck jaringan komputer.

Tool ini secara esensial dipakai untuk melakukan network monitoring dan analisis untuk memonitor network bandwidth, pemakaian, dan ketersediaan jaringan termasuk pengukuran aspek-aspek yang terlibat. Versi gratis tool ini hanya dapat digunakan oleh sepuluh sensor monitoring jaringan. Sementara versi berbayarnya menyediakan dukungan pengawasan terhadap jumlah sensor monitoring yang lebih besar.

7.PRTG Tool ini digunakan untuk network management dan error problem dengan memanfaatkan solusi berbasis network graphic untuk berbagai permasalahan yang sering (frequented) muncul di sistem.

8. Cacti Tool ini merupakan software berbasis open source untuk melakukan analisis network dan manajemen jaringan.

9. Zabbix Tool ini hanya untuk memonitor data. DI samping itu, software ini menggabungkan berbagai macam fitur untuk agent-less monitoring, data collection dan mapping berbasis grafik untuk mengatasi problem-problem Tl.

10. Najjios. Tool ini merupakan network tool untuk memantau (monitoring) server dan Infrastruktur Tl. Naglos
merupakan tool yang cukup populer untuk monitoring dan sangat terkenal di internet. Kelebihan Nagios ada pada formasi budget dan costing, mengurangi error, dan menyelesaikan berbagal masalah
dalam jaringan komputer.

Network security monitoring bertugas melakukan monitoring jaringan komputer dan sekuriti perusahaan/insititusi dengan baik dan cepat. Tugas monitoring memastikan evaluasi 24 jam 365 hari terus menerus tanpa henti. Para pengamat monitoring akan bekerja mengawasi secara terus-menerus terhadap adanya gangguan atau tidak. Tentu para engineer dan user tidak dapat bekerja sendirian. Diperlukan hardware dan software yang hebat untuk dapat meminimalkan pekerjaan monitoring, perlu adanya pemantauan berbasis aplikasi SNORT (open application) untuk memeriksa adanya anomali atau kejanggalan di dalam network. System network monitoring yang baik akan memberikan alert dan notifikasi secara realtime bila terjadi gangguan dan anomali sehingga problem dapat terdeteksi dan termltigasl dengan cepat. Analoginya adalah PMK (pasukan pemadam kebakaran) akan dapat bekerja dengan cepat dan tanggap darurat bila dilengkapi peralatan yang canggih dan mumpuni untuk melakukan pekerjaan memadamkan kebakaran.

Sumber :

Info Komputer Oktober 2016

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here