10 Cara Cepat untuk Speed Up Windows PC Anda yang Lambat

0
39
10 Cara Cepat untuk Speed Up Windows PC Anda yang Lambat

Apakah PC Anda secara bertahap menjadi lebih lambat atau tiba-tiba terhenti beberapa menit, mungkin ada beberapa alasan untuk kelambatan tersebut.

Jangan takut untuk reboot komputer Anda jika ada sesuatu yang tidak bekerja dengan benar. Hal ini dapat memperbaiki beberapa masalah dan lebih cepat daripada mencoba secara manual memecahkan masalah dan memperbaiki masalah sendiri.

Bersihkan PC Anda yang Easy Way dengan CleanMyPC

Jika Anda ingin membersihkan PC Anda dengan cara mudah, CleanMyPC adalah alat ampuh yang dapat membantu Anda , dan bahkan akan menjaga komputer Anda bersih secara otomatis. Download CleanMyPC

Cari Resource-Hungry Programs

PC Anda berjalan lambat karena ada sesuatu yang menggunakan up sumber daya. Jika itu tiba-tiba berjalan lebih lambat, proses pelarian mungkin menggunakan 99% dari sumber daya CPU, misalnya. Atau, aplikasi mungkin mengalami kebocoran memori dan menggunakan sejumlah besar memori, menyebabkan PC Anda untuk swap ke disk. Bergantian, sebuah aplikasi mungkin menggunakan disk banyak, menyebabkan aplikasi lain untuk memperlambat ketika perlu memuat data dari atau menyimpannya ke disk.

Buka Task Manager. Anda dapat klik kanan taskbar dan pilih “Task Manager” pilihan atau tekan Ctrl + Shift + Escape untuk membukanya. Pada Windows 8, 8.1, dan 10, Task Manager baru menyediakan sebuah antarmuka ditingkatkan bahwa aplikasi warna-kode menggunakan banyak sumber daya. Klik “CPU,” “Memory,” dan “Disk” header untuk menyortir daftar dengan aplikasi yang menggunakan sumber daya yang paling. Jika aplikasi menggunakan terlalu banyak sumber daya, Anda mungkin ingin menutupnya normal – jika Anda tidak bisa, pilih dan klik “End Task”.

10 Cara Cepat untuk Speed Up Windows PC Anda yang Lambat

Tutup Program System Tray

Banyak aplikasi cenderung berjalan di system tray, atau area notifikasi. aplikasi ini sering memulai pada saat startup dan tetap berjalan, tapi tetap tersembunyi di balik ikon panah di sudut kanan bawah layar Anda. Klik panah icon dekat system tray, klik kanan aplikasi Anda tidak perlu berjalan di latar belakang, dan menutupnya untuk membebaskan sumber daya.

10 Cara Cepat untuk Speed Up Windows PC Anda yang Lambat

Nonaktifkan Program Startup

Lebih baik lagi, cegah aplikasi tersebut dari launcher pada saat startup untuk menghemat memori dan CPU siklus, serta mempercepat proses login.

Pada Windows 8, 8.1, dan 10, sekarang ada manajer startup di Task Manager yang dapat digunakan untuk mengelola program startup Anda. Klik kanan taskbar dan pilih “Task Manager” atau tekan Ctrl + Shift + Escape untuk memulai itu. Klik ke tab Startup dan aplikasi startup menonaktifkan Anda tidak perlu. Windows akan membantu memberitahu Anda aplikasi yang memperlambat proses startup Anda.

10 Cara Cepat untuk Speed Up Windows PC Anda yang Lambat

Kurangi penggunaan Animasi

Speed Up Setiap PC, Smartphone, atau Tablet Dengan Menonaktifkan Animasi Windows menggunakan beberapa animasi, dan hal tersebut dapat membuat PC Anda tampak sedikit lebih lambat. Sebagai contoh, Windows dapat meminimalkan dan memaksimalkan jendela langsung jika Anda menonaktifkan animasi terkait.

Untuk menonaktifkan animasi, tekan Windows Key + X atau klik kanan tombol Start dan pilih “System.” Klik “Advanced System Settings” di sebelah kiri dan klik tombol “Settings”. Pilih “Adjust for best performance” di bawah Efek Visual untuk menonaktifkan semua animasi, atau pilih “Custom” dan menonaktifkan animasi individu yang Anda tidak ingin melihat. Misalnya, hapus centang “Window Animate”.

10 Cara Cepat untuk Speed Up Windows PC Anda yang Lambat

Meringankan Web Browser Anda

Ada kesempatan baik Anda menggunakan browser web Anda banyak, sehingga web browser Anda mungkin hanya menjadi agak lambat. Ini adalah ide yang baik untuk digunakan sebagai beberapa ekstensi browser, atau add-ons, mungkin – mereka memperlambat browser web Anda dan menyebabkan itu untuk menggunakan lebih banyak memori.

Ke Extensions web browser atau Add-ons Manager dan hapus add-ons Anda tidak perlu. Anda juga harus mempertimbangkan memungkinkan klik-to-play plug-in. Mencegah Flash dan konten lainnya dari loading akan mencegah konten Flash tidak penting dari menggunakan waktu CPU.

10 Cara Cepat untuk Speed Up Windows PC Anda yang Lambat

Scan Malware dan Adware

Ada juga kesempatan komputer Anda lambat karena perangkat lunak berbahaya yang memperlambat. Ini mungkin tidak datar-out malware – mungkin perangkat lunak yang mengganggu browsing web Anda untuk melacak dan menambahkan iklan tambahan, misalnya.

Aman ekstra,¬† scan¬† komputer Anda dengan program antivirus. Anda juga harus memindai dengan Malwarebytes, yang menangkap banyak “program yang mungkin tidak diinginkan” (PUP) antivirus cenderung mengabaikan. Program-program ini mencoba untuk menyelinap ke komputer Anda ketika Anda menginstal software lain.

10 Cara Cepat untuk Speed Up Windows PC Anda yang Lambat

Free Up Disk Space

Jika hard drive Anda hampir benar-benar penuh, komputer Anda dapat berjalan terasa lebih lambat. Anda ingin meninggalkan komputer Anda beberapa ruang untuk bekerja pada hard drive Anda. Ikuti panduan kami untuk membebaskan ruang pada PC Windows Anda untuk membebaskan ruang. Anda tidak memerlukan perangkat lunak pihak ketiga – hanya menjalankan alat Disk Cleanup termasuk dalam Windows dapat membantu.

10 Cara Cepat untuk Speed Up Windows PC Anda yang Lambat

Defragment Hard Disk Anda

Defragmenting hard disk Anda tidak perlu pada versi modern dari Windows. Secara otomatis akan defragment hard drive mekanik. solid-state drive tidak benar-benar membutuhkan defragmentasi lama, meskipun versi modern Windows akan “Optimizing”.

Anda tidak perlu khawatir tentang defragmentasi sebagian besar waktu. Namun, jika Anda memiliki hard drive mekanis dan Anda baru saja menempatkan banyak file pada drive – misalnya, menyalin database besar atau gigabyte file game PC – file-file mungkin defragmented karena Windows belum sempat untuk defragmenting. Dalam situasi ini, Anda mungkin ingin membuka alat Disk Defragmenter dan melakukan scan untuk melihat apakah Anda perlu menjalankan program defrag manual.

10 Cara Cepat untuk Speed Up Windows PC Anda yang Lambat

Uninstall Program Anda yang Tidak digunakan

Buka Control Panel, cari daftar program yang diinstal, dan uninstall program yang tidak Anda gunakan dan tidak perlu dari PC Anda. Hal ini dapat membantu mempercepat PC Anda up, karena program-program mungkin termasuk proses latar belakang, entri autostart, layanan sistem, entri menu konteks, dan hal-hal lain yang dapat memperlambat PC Anda. Hal ini juga akan menghemat ruang pada hard drive Anda dan meningkatkan keamanan sistem – misalnya, Anda pasti tidak seharusnya Java diinstal jika Anda tidak menggunakannya.

10 Cara Cepat untuk Speed Up Windows PC Anda yang Lambat

Ulang PC Anda / Instal ulang Windows

Jika tips lain di sini tidak memperbaiki masalah Anda, salah satu solusi abadi untuk memperbaiki masalah Windows selain dari reboot PC Anda, tentu saja – adalah mendapatkan instalasi Windows.

Pada versi modern Windows – yaitu, Windows 8, 8.1, dan 10 – lebih mudah untuk mendapatkan instalasi Windows segar dari sebelumnya. Anda tidak harus mendapatkan media instalasi Windows dan menginstal ulang Windows. Sebaliknya, Anda hanya dapat menggunakan “Reset Your PC” fitur dibangun ke Windows untuk mendapatkan, sistem Windows segar baru. Hal ini mirip dengan menginstal ulang Windows dan akan menghapus program yang diinstal dan pengaturan sistem sekaligus menjaga file Anda.

10 Cara Cepat untuk Speed Up Windows PC Anda yang Lambat

Jika PC Anda masih menggunakan hard drive mekanis, upgrade ke drive solid-state – atau hanya memastikan PC Anda berikutnya memiliki SSD – ini akan menawarkan peningkatan kinerja.

Sumber :

www.howtogeek.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here