Cara Scan dan Memperbaiki Sistem File Windows yang Rusak

0
379
Cara Scan dan Memperbaiki File Windows yang Rusak

Jika sistem Windows Anda bertindak aneh atau lambat, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah scan dan hapus virus atau malware. Selain itu, alasan lain mungkin file sistem rusak. Ada berbagai alasan mengapa file sistem rusak, seperti listrik tiba-tiba mati, sistem crash, kesalahan saat memperbarui, versi mismatch, dll. Jika Anda pernah berpikir sistem Anda lambat atau file sistem hvee telah rusak, di sini Anda tahu bagaimana Anda dapat scan dan memperbaiki Windows file rusak menggunakan DISM ((Deployment Image Servicing and Management) tool baris perintah.

Catatan: di tutorial ini menggunakan Windows PowerShell untuk scan dan memperbaiki masalah. Namun, Anda juga dapat menggunakan Command Prompt dengan perintah yang sama persis dan prosedur dibahas di bawah ini :

Scan Sistem Windows File yang Korup

Untuk memulai, cari PowerShell di menu Start. Klik kanan di atasnya, dan kemudian pilih opsi “Run as administrator.” cara ini menggunakan Windows PowerShell.

Cara Scan dan Memperbaiki File Windows yang Rusak

Pada jendela PowerShell copy dan paste perintah di bawah ini. Perintah ini adalah  Windows Resource Protection  untuk memeriksa setiap file yang korup dan proses scan mungkin diperlukan beberapa waktu untuk menyelesaikannya.

sfc / scannow

Setelah scan selesai, maka akan muncul pesan seperti apa yang ditunjukkan di bawah ini jika ada masalah. Windows mencoba untuk memperbaikinya.

Cara Scan dan Memperbaiki File Windows yang Rusak

Memperbaiki Sistem File Windows

Jika perintah SFC tidak mengatasi masalah, maka kita dapat menggunakan alat DISM dengan RestoreHealth dan Sumber switch. Untuk memulai, copy di bawah perintah, dan jalankan di PowerShell.

Dism / Online / Cleanup-Image / RestoreHealth

Setelah itu, Windows akan memulai proses perbaikan. Pada saat proses tersebut, progress bar mungkin akan lambat pada saat berjalan di angka 20%, Ini adalah hal yang wajar. Tunggu beberapa saat untuk proses melanjutkan, jika perintah perbaikan masalah tersebut berjalan dengan baik. Jika tidak, lanjutkan seperti dalam kasus saya Windows gagal untuk memperbaiki masalah. Jika Anda ingin tahu apa kesalahan yang sebenarnya, maka buka log DISM dari lokasi yang ditampilkan dalam Powershell.

Cara Scan dan Memperbaiki File Windows yang Rusak

Sekarang, disini kita akan menggunakan/Sumber switch di mana kita arahkan alat DISM ke media instalasi Windows sehingga dapat memperbaiki masalah menggunakan source file. Masukkan media instalasi Anda, baik itu DVD atau USB driver. Jika Anda tidak memiliki drive instalasi, download Windows ISO terbaru dari Microsoft dan mount (klik kanan pada ISO dan pilih opsi “Mount”).

Setelah Anda selesai melakukannya, mengeksekusi salah satu dari perintah di bawah ini. Jangan lupa untuk mengganti “X” dengan huruf drive yang sebenarnya dari media instalasi Windows Anda.

Dism / Online / Cleanup-Image / RestoreHealth /Source:wim:X:\sources\install.wim:1

atau

Dism / Online / Cleanup-Image / RestoreHealth /Source:wim:X:\sources\install.wim:1 / limitaccess

Perintah kedua mencegah DISM menggunakan Windows Update untuk gambar online. Jika semuanya berjalan dengan baik, Anda akan melihat pesan “Restoration operation completed.” Sama seperti sebelumnya, mungkin diperlukan beberapa waktu untuk menyelesaikannya.

Cara Scan dan Memperbaiki File Windows yang Rusak

Sekarang, sekali lagi gunakan perintah SFC sehingga Windows dapat memperbaiki masalahnya

sfc / scannow

Ketika prosedur telah selesai, Anda akan melihat pesan seperti di bawah ini :

Cara Scan dan Memperbaiki File Windows yang Rusak

Jika Anda scan lagi dengan perintah sfc, Anda akan melihat pesan seperti di bawah ini. Hal ini menegaskan bahwa tidak ada lagi Sistem file windows yang korup/rusak.

Cara Scan dan Memperbaiki File Windows yang Rusak

Mudah Bukan??……

Sumber :www.maketecheasier.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here