Cara Recovery File yang Telah Terhapus

0
333
Cara Recovery File yang telah Dihapus

Cara Recovery File yang telah Dihapus

Pemulihan data adalah suatu hal yang cukup rumit. Data tidak akan kembali karena kalau sudah terhapus atau hilang di hardisk, dan tidak ada jaminan file Anda dalam keadaan berhasil dipulihkan.

Namun, ada beberapa software gratis yang tersedia yang dapat Anda gunakan untuk memulihkan dokumen, foto dan file lainnya yang telah hilang atau dihapus.

Dalam tutorial ini kami akan menunjukkan cara memulihkan file yang terhapus di Windows. Kami juga akan menunjukkan cara untuk memulihkan file yang terhapus di Linux dan Mac OS X.

Bagaimana Memulihkan File yang Telah Terhapus Menggunakan Aplikasi Bawaan dari Windows

Fitur ‘Previous Version’ di Windows yang kalau diartikan ‘kembali ke versi sebelumnya’ dapat membantu untuk menghilangkan masalah ini yang memungkinkan menyimpan snapshot secara otomatis dari hardisk Anda, sehingga Anda memiliki pilihan untuk mengembalikan file individual ke versi sebelumnya jika perlu – atau bahkan memulihkan file yang telah sengaja dihapus.

Cara Recovery File yang telah Dihapus

Berikut langkah-langkahnya :

  1. Aktifkan System Protection

Mulai dengan mengklik “Start” dan kemudian pilih “Control Panel” (atau mengetik “Control Panel”). Sekarang klik “System and Security”, kemudian ”System”, diikuti oleh link “System Protection” di sebelah kiri jendela.

Cara Recovery File yang telah Dihapus

Pada bagian Protection Settings yang muncul, klik pada drive C dan kemudian klik ”Configure”.

  1. Configuration Restoration Options

Pilih opsi Restore system settings and previous versions of files”. Gunakan slider yang muncul di bagian bawah kotak dialog untuk memilih berapa banyak ruang hardisk yang ingin Anda sisihkan untuk menyimpan file dari versi sebelumnya ke System Restore Points.

Berapa banyak file yang bisa Anda simpan itu kembali lagi ke kapasitas hardisk Anda. Setelah selesai, klik “OK”.

Cara Recovery File yang telah Dihapus

  1. Buat Restore Point

Windows secara otomatis akan mulai membuat System Restore Points sehingga Anda dapat mengembalikan file di PC di tanggal sebelumnya.

Klik tombol “Create” pada tab System Properties. Masukkan nama Restore Point-nya sebelum mengklik “Create”.

Cara Recovery File yang telah Dihapus

  1. Mengakses Previous Versions

Jika ternyata ada file di dalam dokumen yang sudah kita rubah ternyata ingin di kembalikan ke versi sebelumnya yang belum kita rubah, Anda tinggal klik kanan dan pilihRestore previous versions option”. Atau, Anda bisa klik kanan file dan pilih opsi “Properties” lalu arahkan ke Tab Previous Versions.

Cara Recovery File yang telah Dihapus

  1.  Periksa Isi Berkas

List file yang ada di Previous Versions akan muncul dan kemudian Anda bisa memilih mana yang Anda ingin buka dengan – klik “Open” untuk memeriksa isi dokumen tertentu.

Pilih Previous Versions yang ada di daftar klik “Restore”.

Cara Recovery File yang telah Dihapus

  1. Restore Previous Versions

Setelah itu klik tombol “Restore” Setelah proses selesai, klik “OK”.

Cara Recovery File yang telah Dihapus

  1. Buat Salinan atau Copy

Agar file lama yang ingin di restore tidak tertimpa dengan file yang baru, pada Previous Versions klik “Copy”, arahkan ke folder yang berbeda dengan yang sekarang dan kemudian klik tombol “Copy” lagi.

Cara Recovery File yang telah Terhapus

  1. Kembalikan file yang terhapus

Anda bisa mengembalikannya file dengan cepat dan mudah. Klik kanan folder yang ingin disimpan dan pilih “Restore Previous Versions”.

Kemudian klik dua kali salah satu Previous Versions dari folder dan copy dari file yang ingin anda kembalikan.

Aplikasi bawaan Windows dapat melakukan pekerjaan dengan baik untuk membantu Anda memulihkan file yang hilang atau dihapus, seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

Salah satu yang terbaik adalah DMDE – Free Edition. Ini adalah aplikasi ampuh yang tidak hanya dapat memulihkan file yang terhapus, Namun juga dapat memungkinkan Anda untuk mengakses hardisk yang secara fisik bekerja tapi tidak terbaca di Windows.

Jika DMDE dapat mendeteksi drive, memungkinkan Anda untuk menyalin file dan folder, tanpa kehilangan data Anda. ini menunjukkan cara untuk menggunakan program untuk mengakses drive, menemukan file yang hilang dengan cara copy.

  Cara Recovery File yang telah Dihapus

  1. Download dan ekstrak

DMDE adalah aplikasi portabel, yang berarti Anda dapat menjalankannya dari setiap drive. Buka browser Anda dan arahkan ke download page dan klik ”Download DMDE” untuk tautan Windows.

Simpan file zip ke drive lain. Klik kanan pada file zip yang didownload dan pilih “Extract All”.

Cara Recovery File yang Telah Terhapus

  1.  DMDE

Buka folder yang diekstrak, double-klik dmde.exe lalu klik ”Yes”, pilih ‘‘English” lalu klik ”OK”.

Akan muncul Persetujuan, klik “OK”. Jika drive terlihat di Windows, pilih ”Logical Disk” diikuti oleh huruf drive dan klik ‘OK’.

Cara Recovery File yang Telah Terhapus

  1. Pilih Physical Drive

Jika drive muncul di Device Manager, tapi tidak muncul di Windows, maka gunakan Manajemen Disk, pilih saja “Physical Disk”

Klik masing-masing Physical Drive dan DMDE akan menampilkan informasi tentang jenis dan ukuran, untuk membantu Anda mengidentifikasi partisi hardisk yang hilang. Pilih dan klik ”OK’‘.

Cara Recovery File yang Telah Terhapus

  1. Pilih partisi

DMDE akan menscan hardisk per partisi. Klik “OK” untuk menghilangkannya

Pilih partisi yang Anda cari menggunakan Volume Name, status partisi, f.system dan ukuran untuk mengidentifikasinya.

Cara Recovery File yang Telah Terhapus

  1.  Buat virtual file system

Klik “Open Volume”, Setelah Anda scan lagi nanti akan muncul semua data yang bisa dipulihkan dari drive (termasuk file yang terhapus), klik dua kali All Found+ Reconstruction lalu Klik ”OK”

Cara Recovery File yang Telah Terhapus

  1. Mencari file yang dapat dipulihkan

Anda sekarang dapat menjelajahi isi drive Anda melalui direktori $ Root. Klik tanda panah di sebelah folder untuk membukanya, atau klik dua kali folder untuk melihat isinya (termasuk file di dalamnya) di panel kanan.

Carilah folder dengan titik merah, itu adalah file yang terhapus, untuk menjabarkannya klik dua kali. File yang memiliki tanda silang atau ‘x’ berarti file tersebut sudah terhapus.

Cara Recovery File yang Telah Terhapus

  1. Cari file tertentu

Klik “Search Panel” untuk membukanya. Gunakan filter file untuk mendefinisikan pencarian atau mencari berdasarkan jenis file (seperti * .doc).

Gunakan anotasi untuk membantu mempersempit pencarian Anda lebih lanjut, kemudian klik “OK” untuk  DMDE memindainya.

Cara Recovery File yang Telah Terhapus

  1. Pilih File yang ingin dipulihkan

Paling banyak Anda hanya bisa memilih 4000 file sekaligus dari satu folder, lalu pilih file yang ingin dikembalikan dan pilih ”Tools> Recover”.

Kalau pemulihannya dilakukan dengan pencarian, Anda harus mengklik kanan filenya satu persatu lalu pilih “Recover Objek”

Cara Recovery File yang Telah Terhapus

  1. Memulihkan data Anda

Klik tombol “Size” untuk memperkirakan berapa banyak ruang item yang dibutuhkan untuk pemulihan, kemudian klik ‘…’ untuk memilih drive yang berbeda dengan ruang yang cukup untuk memulihkan datanya (jangan sampai menyimpannya ke partisi hardisk yang sama).

Untuk memulihkan file pilihIncluding deleted”  lalu klik “OK” . Tunggu beberapa menit.

Cara Recovery File yang Telah Terhapus

  1. Data berhasil dipulihkan

Setelah selesai, kotak dialog akan muncul dan menampilkan hasil pemulihan file.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here