Cara Protect/Mengunci Dokumen dan File PDF di Microsoft Office

0
153
Cara Protect/Mengunci Dokumen dan File PDF di Microsoft Office

Microsoft Office memungkinkan Anda mengenkripsi dokumen Office dan file PDF, sehingga tidak ada yang bahkan melihat berkas kecuali mereka memiliki password. versi modern dari Office menggunakan enkripsi yang aman yang dapat Anda andalkan-asumsi Anda menetapkan sandi yang kuat.

Petunjuk di bawah berlaku untuk Microsoft Word, PowerPoint, Excel, dan Access 2016, namun proses harus serupa dalam versi terbaru lainnya dari Office.

Seberapa amankah Password Protection Microsoft Office?

fitur perlindungan sandi Microsoft Office ini telah mendapat rap buruk di masa lalu. Dari Office 95 ke Office 2003, skema enkripsi sangat lemah. Jika Anda memiliki dokumen yang dilindungi sandi dengan Office 2003 atau versi sebelumnya, password dapat dengan mudah dan cepat dilewati dengan banyak tersedia software password cracking.

Dengan Office 2007, Microsoft mendapat lebih serius tentang keamanan. Office 2007 beralih ke Advanced Encryption Standard (AES) dengan key 128-bit. Hal ini secara luas dianggap aman, dan berarti bahwa Office sekarang menggunakan nyata, enkripsi yang kuat untuk melindungi dokumen Anda ketika Anda menetapkan password. Kami menguji fitur enkripsi PDF dan menemukan bahwa menggunakan enkripsi AES 128-bit pada Office 2016 juga.

Ada dua hal besar yang perlu diwaspadai. Pertama, hanya password yang sepenuhnya mengenkripsi dokumen yang aman. Office juga memungkinkan Anda untuk mengatur password untuk “Membatasi Editing” dari file. Dalam teori, memungkinkan orang untuk melihat file tapi tidak mengeditnya tanpa password. Jenis password dapat dengan mudah retak dan dihapus, memungkinkan orang untuk mengedit file.

Juga, enkripsi Office hanya bekerja dengan baik jika Anda menyimpan ke format dokumen modern seperti .docx. Jika Anda menyimpan ke format dokumen yang lebih tua seperti .doc-yang kompatibel dengan Office 2003 dan sebelumnya-Office akan menggunakan lebih tua, versi tidak-aman dari enkripsi.

Tapi, selama Anda menyimpan file Anda dalam format Office modern dan menggunakan “Encrypt dengan Password” pilihan bukan opsi “Batasi Editing”, dokumen Anda harus aman.

Cara Password Protect Dokumen Office

Untuk melindungi sandi dokumen Office, pertama buka di Word, Excel, PowerPoint, atau Access. Klik menu “File” di sudut kiri atas layar. Pada panel Info, klik “Protect Document” tombol dan pilih “Encrypt dengan Password.”

Tombol ini hanya bernama “Dokumen Protect” di Microsoft Word, tapi itu bernama sesuatu yang serupa di aplikasi lain. Carilah “Lindungi Workbook” di Microsoft Excel dan “Lindungi Presentasi” di Microsoft PowerPoint. Dalam Microsoft Access, Anda hanya akan melihat sebuah “Encrypt dengan Password” tombol pada tab Info. Langkah-langkah jika tidak akan bekerja sama.

CATATAN: Jika Anda hanya ingin membatasi editing dokumen, Anda dapat memilih “Membatasi Editing” di sini, tapi seperti yang kita katakan, bahwa sangat tidak aman dan dapat dengan mudah dilewati. Anda lebih baik mengenkripsi seluruh dokumen, jika Anda bisa.

Cara Protect/Mengunci Dokumen dan File PDF di Microsoft Office
Masukkan password yang Anda inginkan untuk mengenkripsi dokumen dengan. Anda akan ingin memilih password yang baik di sini. password yang lemah dapat dengan mudah ditebak oleh cracking software jika seseorang memperoleh akses ke dokumen.

Peringatan: Anda akan kehilangan akses ke dokumen jika Anda lupa password Anda, sehingga agar tetap aman Microsoft menyarankan Anda menuliskan nama dokumen dan password dan menyimpannya di tempat yang aman.

Cara Protect/Mengunci Dokumen dan File PDF di Microsoft Office

Ketika dokumen dienkripsi, Anda akan melihat “Sandi diperlukan untuk membuka dokumen ini” pesan pada layar Info.

Lain kali Anda membuka dokumen, Anda akan melihat “Enter password to open file”. Jika Anda tidak memasukkan password yang benar, Anda tidak akan dapat melihat dokumen sama sekali.

Cara Protect/Mengunci Dokumen dan File PDF di Microsoft Office

Untuk menghapus proteksi password dari dokumen, klik “Protect Document” tombol dan pilih “Encrypt dengan Password” lagi. Masukkan sandi kosong dan klik “OK.” Kantor akan menghapus password dari dokumen.

Cara Membuat Password Protected PDF File

Anda juga dapat mengekspor dokumen Office ke file PDF dan melindungi sandi file PDF. Dokumen PDF akan dienkripsi dengan password yang Anda berikan. Ini bekerja di Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint.

Untuk melakukan hal ini, membuka dokumen, klik “File” tombol menu, dan pilih “Ekspor.” Klik “Buat PDF / XPS” tombol untuk mengekspor dokumen sebagai file PDF.

Cara Protect/Mengunci Dokumen dan File PDF di Microsoft Office

Klik tombol “Options” di bagian bawah menyimpan jendela dialog yang muncul. Di bagian bawah jendela pilihan, mengaktifkan “Encrypt the document with a password” pilihan dan klik “OK.”

Cara Protect/Mengunci Dokumen dan File PDF di Microsoft Office

Masukkan password yang Anda inginkan untuk mengenkripsi file PDF dengan dan kemudian klik “OK.

Setelah selesai, masukkan nama untuk file PDF dan klik tombol “Publish”. Office akan mengekspor dokumen untuk melindungi sandi file PDF.

Peringatan: Anda tidak akan dapat melihat file PDF jika Anda lupa password. Pastikan untuk melacak atau Anda akan kehilangan akses ke file PDF Anda.

Cara Protect/Mengunci Dokumen dan File PDF di Microsoft Office

Anda harus memasukkan password file PDF ketika Anda membukanya. Misalnya, jika Anda membuka file PDF di Microsoft Windows 10 default PDF viewer-Anda akan diminta untuk memasukkan password sebelum Anda dapat melihatnya. Hal ini juga bekerja di pembaca PDF lainnya.

Cara Protect/Mengunci Dokumen dan File PDF di Microsoft Office

Fitur ini dapat membantu melindungi dokumen sensitif, terutama ketika Anda menyimpannya pada USB drive atau di layanan penyimpanan online seperti Microsoft onedrive.

enkripsi full-disk seperti Enkripsi Perangkat dan BitLocker pada Windows PC atau FileVault pada Mac lebih aman dan untuk melindungi semua dokumen di komputer Anda, namun terutama jika komputer Anda dicuri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here