Cara “Clean” Flash Drive atau SD Card yang Bermasalah

0
42
Cara

Jika USB flash drive, kartu SD, atau drive lain tidak bekerja dengan baik, “Cleaning” drive dan menghapus partisi adalah salah satu solusi yang mungkin dapat dilakukan. Hal ini dapat memperbaiki masalah dengan drive yang tidak bisa diformat atau yang menunjukkan kapasitas yang salah.

Trik ini juga akan menghapus partisi, seperti Manajemen Disk, disk alat-partisi grafis. Proses ini benar-benar akan menghapus tabel partisi dari disk, yang memungkinkan Anda untuk mengatur lagi kembali.

Peringatan: Proses ini benar-benar akan menghapus seluruh disk yang Anda pilih, jadi pastikan Anda membuat cadangan file penting pertama. Anda juga harus sangat berhati-hati untuk menentukan disk yang benar, atau Anda dapat secara tidak sengaja salah menghapus disk

Meluncurkan Command Prompt sebagai Administrator

Pertama, Anda perlu memulai jendela Command Prompt sebagai administrator pada Windows 10 atau 8.1. Anda dapat mengklik kanan tombol Start (atau tekan Windows Key + X) dan pilih “Command Prompt (Admin)”.

Pada Windows 7, Anda akan perlu mencari “Command Prompt” shortcut di menu Start – Anda hanya dapat mencari “Command Prompt” di menu Start. Klik kanan Command Prompt pintas dan pilih “Run as Administrator.”

Cara "Clean" Flash Drive atau SD Card yang Bermaslah

Gunakan diskpart Bersihkan Disk

Kami akan menggunakan perintah diskpart untuk melakukan hal ini. Sebelum melanjutkan, pastikan Anda telah menghubungkan USB flash drive, kartu SD, atau apa pun drive lain Anda ingin membersihkan komputer Anda.

Untuk meluncurkan alat diskpart, ketik perintah berikut ke dalam jendela Command Prompt dan tekan Enter:

diskpart

Cara "Clean" Flash Drive atau SD Card yang Bermaslah

Telah diskpart daftar disk yang terhubung ke komputer dengan mengetikkan perintah berikut dan menekan Enter:

list disk

Perhatikan output dari perintah untuk mengidentifikasi jumlah disk yang ingin Anda bersihkan. Berhati-hatilah di sini! Jika Anda memilih nomor disk yang bermasalah, Anda akan membersihkan disk yang salah dan Anda bisa kehilangan data penting.

Pada gambar di bawah, kita dapat melihat bahwa “Disk 0” adalah 238 GB dalam ukuran dan “Disk 1” adalah 14 GB dalam ukuran. Kita tahu bahwa USB drive kita adalah 14 GB dalam ukuran. Ini memberitahu kita bahwa Disk 1 adalah USB drive yang terhubung ke komputer, dan Disk 0 adalah sistem komputer drive internal.

Cara "Clean" Flash Drive atau SD Card yang Bermaslah

Setelah Anda mengetahui jumlah disk yang ingin Anda pilih, ketik perintah berikut, menggantikan # dengan jumlah disk yang diidentifikasi di atas.

Peringatan: Berhati-hatilah Anda menentukan jumlah disk yang benar! Masukkan nomor disk yang salah.

select disk #

Cara "Clean" Flash Drive, SD Card, atau Internal Drive untuk Memperbaiki Partisi dan Kapasitas yang Bermaslah

Perintah diskpart sekarang telah memilih disk yang Anda tentukan. Setiap tindakan yang Anda lakukan sekarang akan dilakukan pada disk yang dipilih. Untuk benar-benar menghapus tabel partisi yang dipilih disk, ketik perintah berikut dan tekan Enter.

Peringatan: Ini akan menghapus semua data pada disk yang dipilih! Pastikan Anda memiliki backup data penting sebelum melanjutkan!

Clean

Cara "Clean" Flash Drive, SD Card, atau Internal Drive untuk Memperbaiki Partisi dan Kapasitas yang Bermaslah

Anda akan melihat “diskpart berhasil membersihkan disk” jika semuanya bekerja dengan benar. Anda sekarang sudah selesai. Tutup jendela Command Prompt untuk melanjutkan.

Partisi dan Format Disk

Anda sekarang harus dapat menginisialisasi, partisi, dan format disk seperti biasa, menggunakan alat Manajemen Disk grafis dibangun ke Windows. Anda juga bisa menggunakan perintah diskpart untuk melakukan hal ini, tapi mungkin lebih mudah untuk menggunakan antarmuka grafis.

Untuk memulai Manajemen Disk pada Windows 10 atau 8.1, klik kanan tombol Start dan pilih “Disk Management”. Pada Windows 7, tekan Windows Key + R, ketik “diskmgmt.msc” ke dalam dialog Run yang muncul, dan tekan Enter.

Cara "Clean" Flash Drive, SD Card, atau Internal Drive untuk Memperbaiki Partisi dan Kapasitas yang Bermaslah

Anda akan melihat disk sekarang tidak memiliki partisi. Klik kanan ruang yang tidak terisi dan pilih “New Simple Volume” untuk membuat partisi pada disk dan format dengan sistem file yang Anda inginkan. Secara default, Windows akan membuat partisi tunggal yang meliputi seluruh drive.

Cara "Clean" Flash Drive, SD Card, atau Internal Drive untuk Memperbaiki Partisi dan Kapasitas yang Bermaslah

Jika metode ini tidak bekerja – misalnya, jika Anda berhasil membersihkan drive tetapi tampaknya tidak berfungsi normal ketika Anda mencoba untuk partisi itu, atau jika diskpart tidak dapat melihat disk atau membersihkannya dengan benar – itu mungkin drive hanya secara fisik rusak dan tidak lagi bekerja dengan benar.

Sumber : www.howtogeek.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here