Petinggi Perusahaan Teknologi dan Tim Olahraga

0
55
Petinggi Perusahaan Teknologi dan Tim Olahraga

Berapa banyak tokoh-tokoh terkenal di dunia teknologi yang Anda ketahui? Kalau disebut-sebut, Anda seharusnya mengenal sejumlah nama besar seperti Bill Gates, Steve Ballmer, Charles Wang, dan sejumlah nama lainnya. Mereka menduduki posisi tinggi di perusahaan-perusahaan teknologi terkemuka di dunia. 

Namun selain menjadi petinggi di perusahaan-perusahaan teknologi dunia, tak sedikit dari para tokoh tersebut memiliki minat terhadap bidang di luar teknologi. Bukan cuma sekadar hobi, beberapa di antaranya juga bahkan memiliki bisnis atau usaha lain di luar pekerjaan utamanya sebagai petinggi di perusahaan teknologi. Jeff Bezos (Founder dan CEO Amazon) misalnya, pada tahun 2013 lalu membeli harian The Washington Post senilai US$250 juta atas nama pribadinya tanpa melibatkan Amazon sama sekali.

Selain Bezos, beberapa petinggi dari perusahaan teknologi lainnya juga melakukan hal serupa. Salah satu hal yang cukup diminati adalah pembelian tim olahraga. Tercatat sejumlah nama terkenal yang saat ini memegang posisi sebagai pemilik utuh maupun sebagian dari tim-tim olahraga profesional. Berikut di antaranya:

Paul Allen

Termasuk empat puluh orang terkaya di dunia versi Forbes (April 2016), Paul Allen memiliki banyak bisnis yang berada di bawah Vulcan, perusahaan bentukan Allen yang bergerak di berbagai bidang seperti properti dan finansial. Melalui Vulcan, pria yang bersama Bill Gates mendirikan Microsoft pada 1975 ini tercatat memiliki sejumlah tim olahraga profesional yang berada di Amerika Serikat.

Biografi-Paul-Allen

Sejak tahun 1988, Allen menjadi pemilik resmi da tim basket Portland Trail Blazers setelah membelinya dari pengusaha properti Larry Weinberg. Bukan cuma timnya, Allen juga membangun Moda Center, stadion kandang Trail Blazers yang sebelumnya dikenal sebagai Rose Garden. Selain basket, Allen juga memiliki tim rugby profesional Seattle Seahawks yang dibeli pada tahun 1996 dan telah tiga kali tampil di Superbowl. Bersama pengusaha Adrian Hanauer, sutradara Joe Roth dan aktor Drew Carey, Allen juga memiliki sebuah tim sepakbola yang saat ini berlaga di Major League Soccs (MLS), yaitu Seattle Sounders FC.

Hasso Plattner

Memulai karirnya di IBM, Hasso Plattner merupakan salah satu dari beberapa orang mantan insinyur IBM yang membidani lahirnya SAP, sebuah perusahaan yang menyediakan beragam solusi aplikasi untuk kelas enterprise. Dimulai sejak tahun 1972, SAP menjadi perusahaan publik pada tahun 1988. Sebagai salah satu pendiri, Plattner pernah menduduki posisi sebagai CEO dan hingga saat ini memiliki posisi sebagai pemimpin di SAP.

Petinggi Perusahaan Teknologi dan Tim Olahraga

Di bidang olahraga, Plattner saat ini merupakan pemilik mayoritas dari sebuah tim hoki es profesional yang berlaga di NHL, San Jose Sharks. Bersama beberapa orang lainnya yang tergabung dalam perusahaan San Jose Sports & Entertainment Enterprises, Plattner menjadi pemimpin utama setelah membeli saham sejumlah investor lain yang mengundurkan diri pada Januari 2013.

Robert J. Pera

Sebagian besar dari Anda mungkin mengenal nama Ubiquiti Networks. Perusahaan ini adalah salah satu produsen besar yang berfokus pada perangkat-perangkat jaringan nirkabel skala besar dan enterprise. Ubiquiti Networks ini didirikan oleh Robert J. Pera pada tahun 2005. Sebelum mendirikan Ubiquiti Networks, Pera sempat bekerja di Apple sebagai penguji perangkat nirkabel.

Petinggi Perusahaan Teknologi dan Tim Olahraga

Selain menjadi CEO Ubiquiti Networks, pria 38 tahun ini juga merupakan pemilik dari tim basket profesional Memphis Grizzlies. Sejak membelinya dari Michael Heisley pada tahun 2012 silam, Pera telah melakukan sejumlah investasi pada tim yang awalnya bermarkas di Vancouver ini. Di bawah Pera, Grizzlies mengalami perkembangan yang signifikan, termasuk berhasil menembus babak playoff lebih sering jika dibandingkan dengan tujuh belas musim sebelumnya. Melalui Ubiquiti Networks, Pera juga berkontribusi pada kota Memphis dengan menghadirkan koneksi nirkabel di daerah-daerah yang selama ini belum terlayani.

Steve Ballmer

Bergabung dengan Microsoft sejak tahun 1980, Steve Ballmer pernah menduduki posisi sebagai CEO Microsoft pada tahun 2000, menggantikan Bill Gates.Pria yang dikenal dengan gayanya yang penuh energi saat berada di atas panggung ini menduduki posisi CEO hingga masa pensiunnya pada tahun 2014 lalu. Posisinya diteruskan oleh Satya Nadella hingga saat ini.

Petinggi Perusahaan Teknologi dan Tim Olahraga

Selepas kariernya di Microsoft, pada bulan Mei 2014 Ballmer membeli tim basket profesional Los Angeles Clippers dengan nilai sebesar US$2 miliar dan tercatat sebagai nilai pembelian terbesar kedua untuk tim olahraga profesional di Amerika Serikat. Sebelum dibeli Ballmer, selama hampir 33 tahun Clippers berada di bawah kepemilikan Donald Sterling. Sterling memutuskan untuk menjual tim tersebut setelah tersandung skandal rasial. Skandal ini membuat NBA mengeluarkan larangan terhadap Sterling untuk terlibat dalam aktivitas apapun yang berhubungan dengan NBA.

Sumber : Info Komputer Mei 2016

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here